Monday, April 6, 2009

Ramidjo javanese of SURINAME

Ramidjo namanya,usia 37tahun,pekerjaan teknisi komputer di
Paramaribo SURINAME.
Mas jo aku memanggilnya. Aku kenal dia dari chatting di nimbuzz. Aku masuk room english dan bertemu juga bersahabat dgn dia sampai sekarang.
Mula2 kita bicara dalam bahasa inggris,tapi setelah aku tau dari cerita mas jo kalau dia orang jawa suriname aku mulai bicara dgn bahasa jawa. Walau kadang2 mas jo gak mengerti dgn apa yg aku ucpkan,karna bahasa jawa suriname sepertinya agak berbeda dan kata2 yang dipakai kata baku, seperti kata ''kowe'' dia tidak mengetahui maksudnya,yang dia tau "siro/panjenengan" dan banyak lagi kata2 yang laen.
Dia sering cerita tentang negaranya dgnku, nenek moyangnya dari suku jawa,yang urbanisasi ke suriname pada tahun 1827 pada saat,indonesia dijajah belanda. Dan ternyata komunitas jawa disana ada 1/3 dari jumlah penduduk suriname. Disana juga masih diterapkan adat jawa loh,seperti beRsih desa,jg ada kesenian wayang. Yang menjadi presiden aku lupa namanya,tapi dari keturunan jawa,dari partai PERTJAJA LUHUR, memang tulisannya masih EYD lama. Mas jo gak tau dari kota mana dijawa tempat lahir nenek moyangnya. Dan dia pengen banget maen ke indonesia, dia seneng bgt bisa ketemu orang jawa yg katanya 'sedulur jowo',saat ku tanya bahasa apa yg dipakai disana,dia menjawab 'dutch belanda, tapi kalangan orang jawa kita pakai jawa', mas jo kirim salam buat smua orang jawa di indonesia, katanya (sejatine aku karo panjenengan kuwi sedulur,senajan adoh siro kabeh wis dak anggep sedulur,kintu hello kanggo sedulurku nang indonesia) seperti itulah kata2 yang ditulis mas jo dalam chating dgn ku.
Foto ramidjo dan kota paramaribo saya sertakan.
Semoga ini dapat menambah pengetahuan buat para pembaca

Klick
www.kemanukan.blogspot.com
www.perkista.blogspot.com

6 comments:

lily said...

Knpa hrs ganti blog punk....kan jd kagok bukanya! Tp ga pa" dech asl msh byk nampilin blog tentang desa Kemanukan alias tempat kelahiran q he......

Josh Katimin said...

Wong Jowo Ing Suriname durung ono sing Dadi Presiden Suriname tapine sing dadi Ketua Parlemen Suriname : Salam Paul Somohardjo

Anonymous said...

Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!

Unknown said...

saya pingin tahu kalo ingin berkomunikasi dengan mas ramidjo dari suriname,.baik dengan Face book atau email, minta tolong alamatnya ya,..
tq,.
emailku : supardi_tulungagung@yahoo.com
Facebook : supardi.gandum@gmail.com

BlogBerfaedah said...

saya juga ingin tahu apa alamat facebook dan email mas ramidjo dari suriname ini. Tolong saya dikasih alamatnya ya,..
tq,.
emailku : suwito1967@yahoo.com
Facebook : http://www.facebook.com/profile.php?id=1767927951&ref=ts

Anonymous said...

wAKAKAKAK
pantesan kenal dia...
q eo kenal deke kang....
id panicq h_mim